Pesantren LSQ Ar Rahmah mengadakan Wisata Religi ke makam sunan pandanaran

0
9

LSQ ar-Rohmah – Ahad pagi (4/10/2020), PP LSQ Ar Rahmah mengadakan Wisata religi ke makam Ki Ageng Bayat atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Pandanaran. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Prof. KH Abdul Mutaqim selaku pengasuh, Ust. Dr. Nurul Haq salah satu pengajar di PP LSQ dan 7 santri lsq Ar Rahmah yakni Gus Hikam, Bulqini, Latif, Ilham, Hafi, Risman, Yasir.

Selepas subuh, rombongan berangkat dengan dua mobil. Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam, sampailah rombongan di makam Sunan Pandanaran di daerah Klaten Jawa Tengah. Kegiatan ini bertambah spesial dengan hadirnya Dr Nurul Haq sebagai pakar sejarah Islam Nusantara. Selama perjalanan beliau bercerita tentang sejarah makan Sunan Pandanaran, lengkap dengan karomah karomahnya.

Menurut Prof KH Abdul Mustaqim, terdapat makna penting dari diadakannya wisata religi , yakni :

  1. Menambahkan kecintaan wali dan ulama sebagai jalur transmisi keilmuan Islam khususnya di tanah Jawa
  2. Ekspresi terimakasih kepada para wali yang sudah menyebarkan Islam
  3. ‘Alaqoh Ruhiyah dengan para Aulia serta memohon barokah Allah SWT

Tidak semua orang dapat merasakan energi spiritual ketika wisata religi. Hal ini susah dijelaskan selain dilakukan orangnya langsung. Menukil dari maqolah Sheikh Ali Jum’ah, من ذاق عرف “Barang siapa telah merasakan maka ia tahu”. Dengan diadakannya wisata religi, para santri dapat memiliki kecerdasan emosional spiritualitas.(HAF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here