Kegiatan Santri PP. LSQ ar-Rohmah di Masa Pandemi Covid-19

0
13

Covid-19 telah menjadi pandemi global yang mana dampaknya bukan hanya pada suatu nagara, akan tetapi telah melanda semua negara yang ada di dunia. Indonesia juga terkena dampak dari pandemi ini, baik itu dari segi kesehatan, ekonomi, sosial dan lain sebagainya. Walaupun demikian, kita masih bisa melihat sisi positif dari pandemi ini, diantaranya adalah lingkungan sekitar kita yang pada saat pandemi menjadi lebih terjaga kebersihannya, masyarakat lebih peduli dengan kesehatan, kualitas udara membaik. Di antara yang melihat pandemi ini dari sisi positifnya adalah para santri. Walaupun banyak perubahan pada tradisi santri pada masa pandemi ini, kegiatan kepesantrenan masih bisa berjalan dengan beberapa penyesuaian saat pandemi covid ini.

Sebagai contoh pada masa awal-awal pandemi ini, di pesantren LSQ ar-Rahmah selain dilaksanakan pengajian kitab seperti biasa, juga dilakukan live streaming atau menggunakan aplikasi virtual meeting bagi santri-santri yang berada di luar pondok. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan covid-19. LSQ ar-Rahmah juga membuka kanal Youtube baru yang bernama LSQ TV. Channel ini berisi kajian kajian Islam yang diisi langsung oleh pengasuh LSQ ar-Rohmah KH. Abdul Mustaqim. Dalam membangun channel ini para santri juga turut aktif dalam membuat konten konten Youtube.

Selain itu, beberapa santri LSQ ar-Rahmah pada masa awal-awal pandemi ini juga melakukan kegiatan lain yang bertujuan mengisi waktu kosong. Di antaranya ada santri yang berternak ayam, berternak ikan cupang. Selain itu santri pada masa pandemi ini juga lebih memperhatikan dan menjaga kebersihan.

Tak hanya itu LSQ kini membuka toko yang diberi nama dengan LSQ Store. Toko baru ini menyediakan makanan dan beberapa kebutuhan ternak ayam, ikan, burung, dll. kemudian ada lagi LSQ Garden yang menyediakan beberapa tanaman hias yang baru baru ini menjadi sangat diminati oleh masyarakat sebagai hobi baru untuk mengisi kegiatan ketika PSBB. Tak hanya itu saja beberapa santri ada juga yang membuka usaha berjualan susu sapi murni yang diberi brand LSQ Milk. Toko ini dibuka tiap pagi hari hingga menjelang siang. Ada beberapa varian seperti coklat, vanila, stoberi, dll.

Ismu Hakiki

Santri PP. LSQ ar-Rohmah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here